POLA PEMANFATAN RUANG TERBUKA PUBLIK DIKAWASAN WISATA JAKARTA (Studi Kasus: Museum Fatahillah Dan Museum Nasional)

Syeril Salsabella, Dedes N Gandarum, Endang Marlina

Abstract


publik memiliki fungsi untuk dapat menjamin kesejahteraan masyarakat suatu, meningkatkan kualitas visual kawasan yang lebih harmonis dan indah, pengembangan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyetarakan taraf hidup masyarakat di suatu kawasan, dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pola pemanfaatan ruang terbuka di museum fatahillah dan museum nasional. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka dan studi komparatif, setelah dilakukan analisis dan dikaitkan dengan teori-teori.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tata guna lahan mampu menyeimbangkan ruang antara fungsi bangunan dan fungsi ruang terbuka dapat dipadukan dengan elemen lansekap, setiap ruang terbuka memiliki pola bentuk tatanan berbeda – beda. Adanya ruang terbuka yang dapat manfaatkan oleh masyarakat sebagai wadah untuk beraktivitas dan bersosialisasi. 


Keywords


pola pemanfaatan ruang terbuka, elemen – elemen fisik ruang terbuka, ruang terbuka

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Darmawan, Soni, and Tin Budi Utami. 2018. “Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Pada Pemukiman Kampung Kota.” Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan 7(3): 127–36. https://media.neliti.com/media/publications/265313-pola-pemanfaatan-ruang-terbuka-pada-pemu-21452603.pdf.

Hantono, Dedi. 2017. “Pola Aktivitas Ruang Terbuka Publik Pada Kawasan Taman Fatahillah Jakarta.” Jurnal Arsitektur KOMPOSISI 11(6): 265.

Haryanti, Dini Tri. 2008. “Kajian Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Kawasan Bundaran Simpang Lima Semarang.” Universitas Diponegoro Semarang.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. hidayatul quran kuningan. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=Metodologi+Penelitian+Pendidikan+++pdf&ots=XuKpp1T5lq&sig=Ybu_j8u7F4PJ_ZV0XMZwfpmXlTA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Marhendra, Cantya P, Lisa Dwi Wulandari, and Sigmawan Tri Pamungkas. 2014. “Pola Aktivitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Di Alun-Alun Batu.” Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya 2(2): 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.9014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.