ANALISIS KINERJA BIAYA DAN WAKTU PEMBANGUNAN PROYEK SALURAN IRIGASI HOBOTOPO DI NGADA DENGAN METODE EARNED VALUE

Nurul Destiana, Darmawan Pontan

Abstract


Kebutuhan akan ketersediaan jaringan irigasi di Ngada melatarbelakangi pemerintah untuk menggalakkan pembangunan jaringan-jaringan irigasi di kabupaten Ngada. Salah satunya adalah melalui pembangunan jaringan irigasi pada daerah irigasi Hobotopo pada tahun 2020 ini. kendala utama pelaksanaan proyek ini Dampak Covid 19 terhadap pelaksanaan pembangunan lanjutan saluran irigasi di D.I Hobotopo dan kendala sosial serta cuaca ekstrem membuat pelaksanaan proyek serba terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar kinerja biaya dan waktu proyek pembangunan proyek serta mengetahui besar prediksi biaya dan waktu hingga penyelesaian proyek sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi mengenai tindakan perbaikan terhadap kinerja selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode Earned Value untuk mengkaji data-data sehingga didapat kesimpulan berupa kinerja waktu dan biaya proyek. Hasil dari penelitian ini adalah proyek ini mengalami keterlambatan, dimana sampai pada akhir minggu yang dinjau, yaitu minggu ke 14 didapat nilai SPI sebesar 0,23 progres yang direncanakan hingga minggu ke 14 sebesar 30,15% baru terealisasi sebesar 6,89% dimana ini berarti terjadi keterlambatan jadwal sebesar 23,26%. Selain itu dari segi biaya proyek ini mengalami pembengkakkan biaya. dengan nilai CPI sebesar 0,47 sampai minggu ke 14.Dengan kinerja biaya dan waktu yang telah diperhitungkan hingga akhir minggu ke 14, nilai prediksi waktu didapat sebesar 158 minggu. Hasil ini sangat jauh dari target waktu yaitu 36 minggu. Sementara itu nilai prediksi biaya sampai akhir proyek didapat sebesar Rp Rp40.859.622.397 Ini berarti biaya membengkak hingga lebih dari dua kali lipat dari nilai anggaran proyek, yaitu Rp19.320.242.454,70.


Keywords


kinerja, biaya, waktu, proyek, metode Earned Value.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Abrar, H. (2009). Manajemen Proyek. CV Andi Offset.

Irfanur, R. (2010). Earned Value Analysis Terhadap Biaya pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas MIPA UNS). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ma’ruf, S. (2018). Evaluasi Kinerja Waktu Dan Biaya Berdasarkan Konsep Nilai Hasil Pada Proyek Apartemen Tower Benson Surabaya.

Pahalawan, F. A. (2014). Analisa Konsep Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Terhadap Waktu dan Biaya Pada Pekerjaan Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Pembangunan Gedung MCS SBU II Surabaya).

Silalahi, R. D. (2017). Pengukuran Kinerja Pelaksanaan Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi Negeri Asih di Simalungun dengan Metode Earned Value [PhD Thesis]. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sunarmi. (2019). Kabupaten Ngada Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.