PERANCANGAN HAMMER PADA PROSES PEMANCANGANTIANG DENGAN METODE STATIK, DINAMIK, DANPERSAMAANGELOMBANGSOFTWARE GRLWEAP

Yunike Pritama Sudrajat, Aksan Kawanda

Abstract


Kasus penurunan bangunan dalam dunia konstruksi biasanya diakibatkan oleh beban struktur yang melampaui batas izin. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk memperoleh nilai daya dukung fondasi yang tepat secara efektif. Pada fondasi tiang pancang terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam menganalisis daya dukung tiang. Studi ini dilakukan dengan tujuan memberikan informasi metode mana yang dapat memaksimalkan kegiatan pemancangan. Faktor utama dalam pemancangan adalah kecocokan hammer yang akan digunakan terhadap daya dukung tiang. Dalam menganalisis daya dukung tiang dapat menggunakan metode statik dengan data hasil uji in-situ, metode dinamik yang berasal dari rekaman pemancangan, dan persamaan gelombang dengan bantuan software GRLWEAP. Analisis daya dukung ultimit dilakukan dengan metode statik memiliki tingkat akurasi mencapai rentang ±10% terhadap uji pembebanan statik. Hasil dari analisis daya dukung ultimit dengan penggunaan software GRLWEAP direkomendasikan karena menghasilkan tingkat akurasi dengan rentang nilai ±5% terhadap uji pembebanan statik.


Keywords


Hammer,Dayadukung,Pemancangan,GRLWEAP

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Tengdyantono, C., Sentosa, G. S., & Kawanda, A. (2018). Analisis Daya Dukung Tiang Pancang Dengan Metode Statik, Dinamik, Dan Persamaan GelombangSoftwareGrlweap. JMTS: Jurnal Mitra TeknikSipil, 1(2),171.

https://doi.org/10.24912/jmts.v1i2.2677

Randyanto, E. S., Sumampouw, J. E. R., &Balamba,S.(2015).MenggunakanMetodeStatikDanCalendringStudiKasus : Proyek Pembangunan ManadoTownSquare3.JurnalSipilStatik,3(9),631–643.

Natasha,I.,&Makarim,C.A.(2018).AnalisisKegagalanTiangPancangPadaKonstruksiDermagaDenganProgramApileOffshore,Lpile,DanGrlweap. JMTS: Jurnal Mitra TeknikSipil,1(1),177.

https://doi.org/10.24912/jmts.v1i1.2255

Coduto,D.(1994).FoundationDesign:PrinciplesandPractices (P. Zurita(ed.)). Prentice Hall: Har/Dskt Edition.GRLWEAPWaveEquationAnalysisofPile

Driving.(2005).PileDynamic, Inc.

Rahardjo, P. (2017). Manual Pondasi Tiang(5thed.).DeepFoundationResearchInstitute(DFRI).




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.