MODEL ESTIMASI BIAYA RENOVASI PEKERJAAN RESTAURANT CEPAT SAJI DENGAN MENGGUNAKAN COST SIGNIFICANT MODELS

Jagat Tirta Bustaman, Darmawan Pontan

Abstract


Biaya adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah proyek, karena untuk mendapatkan anggaran yang akan diperlukan. Untuk mendapatkan model biaya tersebut dilakukan dengan sebuah metode. Metode tersebut cost significant models. Penelitian ini dilakukan pada proyek renovasi restaurant yang dimanagunanya untuk memperluas kapasitas untuk para pengunjung. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan model biaya dengan melakukan identifikasi cost significant items yaitu diambilnya items / jenis pekerjaan yang memiliki pengaruh terhadap total biaya pekerjaan dengan dijumlahkan jenis pekerjaan tersebut hingga mencapai minimal80%. Dan dapat dilakukan analisis untuk mendapatkan persamaan regresi berganda. Dari analisis tersebut didapatkan pada cost significant items tersebut pekerjaanlantai (X1), pekerjaan dinding (X2), pekerjaan pengecetan (X4), pekerjaan counter (X6).Model biaya renovasi restaurant tersebut dipengaruhi oleh pekerjaan lantai (X1), pekerjaandinding (X2), pekerjaan pengecetan, dan pekerjaan counter (X7). Akurasi model memilikirata-rata4,282%, dengannilaimaksimum 14,34%dan nilaiminimum-8%.


Keywords


Model Biaya; Renovasi Restaurant ;Cost Significant Models.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Akhsa, Edwyn (2015). Model Estimasi BiayaPekerjaanRehabilitasiDanPeningkatanJaringanIrigasiMenggunakan Cost Significant Model(StudiKasus:DinasPengairanKabupatenAcehTenggara).JurnalJurusanTeknikSipil,UniversitasSyiahKuala,Darussalam.

Astana,INyomanYudha(2017).EstimasiBiayaKonstruksiGedungDenganCost Significant Model. Jurnal JurusanTeknikSipil,UniversitasUdayanaBukit Jimbaran, Kabupaten Bandung,Bali.

Bakar,Abu(2014).EstimasiBiayaDenganMenggunakan Cost Significant ModelPada Pekerjaan Jembatan Rangka Bajadi Proyek Pembangunan Jalan LintasSelatanProvinsiJawaTimur.JurnalTeknik Sipil, Universitas 17 Agustus1945, Surabaya.

Falahis,VisiyoDesma(2015).CostSignificantModelSebagaiDasarPemodelanEstimasiBiayaKonstruksiJembatanBetonBertulang.JurnalJurusanTeknikSipil,UniversitasSebelasMaret.

Firmansyah,Dikdik(2018).ConseptualEstimation of Cost Significant ModelonShop-Houses Construction.

Kaming, Peter F (2004). Pengembangan CostSignificantModelUntukEstimasiBiayaProyekPengairan.JurnalTeknikSipil,UniversitasAtmaJaya,Yogyakarta.

Poh,PaulSHdanHornerRMalcolmW(1995). Cost-Significant Modelling-ItsPotential For Use In South-East Asia:PaperinEngineering,ConstructionandArchitecturalManagement.

Pontan,Darmawan(2016).ModelEstimasiBiaya Pemeliharaan Gedung C FTSPUniversitasTrisaktiDenganMenggunakanMetodeCostSignificantModels.JurnalJurusanTeknikSipil,UniversitasTrisakti,Jakarta.

Salim, M. Afif(2018).Estimasi BiayaKonstruksi.https://www.academia.edu/35319944/ESTIMASI_BIAYA_KONSTRUKSI

Wibisono, Imam (2015). Model Estimasi BiayaPemeliharaanGedung600AngkasaPura II Dengan Menggunakan MetodeCostSignificantModels.SkripsiJurusanTeknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil danPerencanaan,UniversitasTrisakti,Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.