ANALISIS PERANCANGAN FONDASI DERMAGA PELABUHAN BOEPINANG PADA KONDISI TANAH GRANULAR

Alifia Salwa, Suwandi Saputro, Christy Anandha P

Abstract


Pelabuhan Boepinang merupakan pelabuhan lokal yang berada di  kabupaten Bombana,  provinsi Sulawesi Tenggara. Dermaga baru pelabuhan Boepinang direncanakan akan dibangun untuk melayani kapal general cargo berukuran maksimum 1.000 DWT.Dalam perencanaan dermaga mempertimbangkan dimensi kapal danbeban eksternal yang bekerja agar dermaga memiliki dimensi yang cukup dan kekuatan struktur dermaga dapat  memenuhi syarat  untuk  digunakan.   Metode perancangan yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data sekunder untuk menghitung dan menganalisis perancangan struktur dermaga beserta fondasi pada tanah berbutir kasar.  Dalam analisis struktur dermaga dibantu dengan  menggunakan software SAP2000.   Perencanaan dermaga meliputi lokasi face-line dermaga, tipe dermaga, dimensi dermaga, perhitungan beban eksternal, dan penentuan dimensi elemen strukturdermaga.  Hasil perhitungan didapatkan kedalaman perairan yang diperlukan bagi kapal adalah -5 m, dan elevasi lantai dermaga yang diperlukan adalah +3,50 m. Panjang dermaga adalah 80 m dengan lebar dermaga 10 m. Tipe dermaga adalah opentype dengan jenis struktur dermaga yaitu deck on pile, menggunakan fender tipe V dengan energi serap 2 ton-m dan bolderberkapasitas 250 kN. Tebal pelat yang digunakan sebesar 200 mm, dimensi balok yang digunakan 500 mm x 800 mm,  dimensi pilecap1  1.316 mm x 1.016 mm x 1.300 mm, pilecap2 2.286 mm x 1.016 mm x 1.300 mm, dan pilecap3 1.100 mm x 1.100 mm x 1.300 mm. Tiang pancang yang digunakan adalah tiang pancang baja diameter 508 mm dan tebal 14 mm, dengan kemiringan tiang 1V:5H.


Keywords


pelabuhan, dermaga, general cargo, tiang pancang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Das, Braja M. (1994). Mekanika Tanah Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Das, Braja M. (2014). Principles of Foundation Engineering, Eight Edition. Amerika Serikat: Global Engineering.

Di, D. W. T., Selayar, P., Selatan, S., & Putra, E. G. A. M. (2016). Tugas akhir terapan – rc146599 Perencanaan Dermaga Batu Bara Kapasitas 10.000 DWT di Pulau Selayar Sulawesi Selatan.

Djarwati, N., Dananjaya, R., Maharani, G. (2015). Komparasi Nilai Daya Dukung Tiang Tunggal Pondasi Bor Menggunakan Data SPT, dan Hasil Loading Test pada Tanah Granuler. e-Jurnal Matriks Teknik Sipil. (720-725).

Hanif, M. (2019). Perancangan Fondasi Tiang Pancang pada Area Terpengaruh Likuifaksi (Studi Kasus: Padang, Sumatera Barat). Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Trisakti.

Harnianto, D., & Setyorini, S. (2006). Bab V Perencanaan Dermaga Peti Kemas. 80–184.

Irawati, Nani. (2018). Perencanaan Pelabuhan. Jakarta: Indeks.

Kawengian, S., Balamba, S., & Sarajar, A. N. (2018). Analisis Daya Dukung Lateral Pada Tiang Pancang Kelompok Di Dermaga Belang. 6(9), 683–692.

Kementerian Perhubungan. (2018). Rencana Induk Pelabuhan Nasional. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 115 Tahun 2018, 1–8.

Notice, P. (n.d.). Chapter 10 Self Weight and Surcharge. 20(2).

Pile Supported Foundation (Pile Cap) Analysis and Design. (n.d.).

Prakash, S. (2008). Pile Foundations in Engineering.

Putra, Fadhil H. (2019). Analisis Perancangan Pengembangan Dermaga Multi Purpose pada Pelabuhan Belang-belang Provinsi Sulawesi Barat. Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Trisakti.

PWRI. (n.d.). Part III Facilities, Chapter 2: Items Common to Facilities Subject to Technical Standards. Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan, 3, 410–465.

Rahmatullah, I. (2018). Desain Struktur Dermaga Curah Cair.

Saputro, Suwandi. (2019). Perencanaan Teknis Dermaga. Jakarta.

Sari, Nurul P. (2018). Analisis Perancangan Dermaga Khusus Semen pada Pelabuhan di Provinsi Sumatera Barat. Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Trisakti.

SNI 2847 : 2013. (2013). Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung. Bandung: Badan Standardisasi Indonesia, 1–265.

Suryadi, R., Nugroho, S. A., & Muhardi. (2015). Pengaruh Kemiringan Pondasi Tiang Terhadap Daya Dukung Tiang Tunggal Akibat beban Vertikal. 1st Annual Civil Engineering Seminar, 2015(November), 263–271.

The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan. (2009). Technical Standard and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan. Jepang: Daikousha Printing Company.

The Overseas Coastal Area Development Institute Of Japan. (2009). Chapter 5 Earth Pressure and Water Pressure. Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities In Japan, 271–311.

Triatmodjo, Bambang. (2010). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset.

Viratama, D. I. (2017). Perencanaan Jetty 1 Sisi Utara Dan Selatan Untuk Kapal 17.000 Dwt Di Tersus Pt. Badak Ngl, Bontang. 285. http://repository.its.ac.id/2254/

Virgie, N., & Nilasari, A. (2016). Evaluasi Struktur Atas Dermaga 1 . 000 DWT terhadap Berbagai Zona Gempa berdasarkan Pedoman Tata Cara Perencanaan Pelabuhan Tahun 2015. 2(3).

Zainul, H., Fuddoly, & Iriani, D. (2014). Perencanaan Detail Pembangunan Dermaga Pelabuhan Petikemas Tanjungwangi Kabupaten Banyuwangi. In Jurnal Teknik Pomits (Vol. 1, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.