REVIEW DESIGN : PENERAPAN KARAKTER FASAD ARSITEKTUR SUNDA (Kasus: Bandar Udara Sukabumi)

Novita Yosephine Saragih, Popi Puspitasari, Endang Marlina

Abstract


Kota Sukabumi terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia yang menyajikan keindahan alam dan budaya sebagai daya tarik kotanya. Bandar Udara Sukabumi, dibangun untuk mempermudah akses dan efisiensi waktu menuju kota Sukabumi serta bertujuan untuk mengembangkan perekonomian kota Sukabumi dari segi infrastruktur. Bandar Udara Sukabumi diharapkan menjadi gerbang masuk ke dalam kota Sukabumi atau dapat disebut sebagai wajah daerah tersebut dengan menampilkan bentuk fasad yang mencerminkan konsep arsitektur sunda kedalam desain bangunan bandar udara. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka dengan menganalisa konsep bangunan arsitektur Sunda. Hasil studi adalah sebuah panduan penerapan karakter arsitektur Sunda dalam wujud fasad bangunan terminal penumpang bandar udara berdasarkan komposisi dan komponen fasad, seperti atap, bukaan, ornamen, material, irama, skala, warna, dan proporsi.


Keywords


Bandar udara, Terminal Penumpang, Arsitektur Sunda, Fasad

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Annisa, dkk. (2019). Penerapan Konsep Arsitektur Tradisional Sunda Pada Desain Tapak Lanskap Dan Bangunan Fasilitas Resort. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta.

F. D. K. Ching, Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya, Third. Erlangga, 2009.

Peraturan Undang- Undang RI No1 Tahun 2009 tentang penerbangan

R. Krier, Architectural Composition. 1998.

Riyadi, G.W, dkk. (2019). Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan Singapore Polytechnic Di Tangerang. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Arsitektur PURWAUPA Vol 3 No 2, 101-106.

Saputra, MohSahril Adhi &Satwikasari, A. (2019). Kajian Arsitektur Tradisional Sunda Pada Desain Resort. Jakarta. Jurnal Arsitektur PURWAUPA Vol 03 No 4.

SNI 03-7046-2004 tentang Terminal Penumpang Bandar Udara, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Uffelen, Chris Van.2012.AirportArchitecture.Braun Publishing AG

Virgoayu, D.A, dkk. (2018). Pencerminan Konsep Modern Ikonik Pada Fasad Arsitektur Bangunan Pendidikan. Seminar Nasional Cendikiawan ke 4. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.