IMPLEMENTASI KONSEP EFISIENSI PADA PERANCANGAN ARSITEKTUR (KASUS: RUMAH SAKIT PASAR MINGGU)

Rahmadita Rahmadita, Popi Puspitasari, Endang Marlina

Abstract


    Rumah Sakit merupakan bangunan pelayanan kesehatan yang memiliki permasalahan yang kompleks, antara lain persoalan efisien sirkulasi, efektifitas hubungan antar ruang dan fungsi, dan persoalan dimensi ruang yang tidak sesuai dengan persyaratan. Secara teoritis, aliran pergerakan pengguna rumah sakit perlu direncanakan dengan memperhatikan perbedaan alur sirkulasi sesuai fungsi kegiatan umum, kegiatan medis dan sirkulasi barang. Dengan demikian sirkulasi memiliki tingkat prioritas sehingga alur pergerakan menjadi efisien. Artikel ini membahas tentang hasil studi berupa perencanaan desain yang memperhatikan alur sirkulasi, dimensi ruang, dan hubungan antar ruang pada RSUD Pasar Minggu. Studi kepustakaan  merupakan dasar untuk merumuskan kriteria perancangan yang kemudian kriteria tersebut digunakan sebagai acuan untuk merancang RSUD Pasar Minggu. Rancangan dibuat dengan memperhatikan skala prioritas kaitannya dengan frekuensi penggunaan dan pertimbangan tingkat kemanan. Rancangan yang dibuat adalah salah satu alternatif, yang selanjutnya bisa dikembangkan oleh desainer lain.


Keywords


Rumah Sakit, Efisien, Sirkulasi, Hubungan antar ruang

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Fairuuz Syafiqoh Firdausi, E. Y. P. (2017) ‘Pendekatan Transprogramming untuk Mewujudkan Efisiensi Ruang berdasarkan Perubahan Aktivitas dan Waktu’, SAINS DAN SENI POMITS, 6(2), pp. 178–181.

Hatmoko,Adi Utomo, W. W. dan M. R. (2010) ‘Arsitektur Rumah Sakit’, pp. 1–104.

Jakarta, R. S. H. and Khuluk, N. (2018) ‘Tinjauan Sistem Sirkulasi Rumah Sakit (Studi Kasus do R.S Mitra Keluarga Cibubur dan R.S Haji Jakarta)’, Jurnal ilmiah ARJOUNA, 03(01), pp. 14–21.

Junyandari, R. (2013) ‘Sirkulasi Dalam Rumah Sakit Ibu dan Anak’, TEKNIK SIPIL UNTAN, 13(2).

Kementrian Kesahatan (2012) ‘Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Kelas B’.

RI, Peraturan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.