KARAKTER VISUAL FASADE BANGUNAN BERBASIS TEORI HAMID SHIRVANI DAN D.K CHING (Studi Kasus: Hotel di Jalan Pantai Kuta, Bali)

Nadiya Safira Afriza, Popi Puspitasari, Rita Walaretina

Abstract


Fasade bangunan merupakan cerminan fungsi dan karakter lingkungan setempat. Teori Hamid Shirvani dan D.K Ching menyebutkan bahwa keserasian antar fasade bangunan pada sebuah lingkungan dapat dicapai dengan menerapkan kaidah-kaidah komposisi pada komponen bangunan. Studi ini bertujuan untuk mengungkap karakter bangunan sepanjang Jalan Pantai Kuta, Bali dengan fungsi hotel bintang 5 dari sudut pandang teori Hamid Shirvani dan D.K Ching. Studi dilakukan dengan cara meninjau sejumlah literatur dengan sampel objek yang diteliti sejumlah 4 sampel hotel bintang 5 di lokus penelitian, dengan pendekatan analisis deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari indikator komposisi (geometri, simetri, ritme, proporsi dan skala) dan indikator komponen (pintu masuk, bukaan, bentuk atap, ornamen, warna dan material). Hasil studi menunjukkan bahwa: 1) adanya unsur pengikat atau kesamaan dari keempat sampel dalam hal penerapan kaidah ritme, skala dan proporsi yang berkaitan dengan pertimbangan pengulangan fungsi dan penerapan peraturan arsitektur tradisional; 2) adanya unsur pembeda pada penerapan kaidah geometri dan simetri berkaitan dengan pertimbangan bentuk lahan. Hasil studi ini dapat menjadi rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam perumusan fasade hotel bintang 5 di Jalan Pantai Kuta,Bali.


Keywords


karakter visual, fasade, bangunan hotel, teori komposisi dan komponen

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Bupati Badung. Peraturan Daerah Kabupaten Badung No. 26 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Badung Tahun 2013 - 2033.(2013).

Ching, F. D. K. (2009). Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya. In Erlangga, Jakarta. https://doi.org/10.1177/1087054708326271

Shirvani, H. (1985). The Urban Design Process. New York: Van Nostrand Reinhold Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.