ELEMEN ATAP ARSITEKTUR TRADISIONAL MELAYURIAU PADA BANGUNAN HOTEL RESORT DI KOTA BATAM

Ibnu Dwi Poernomo, Ady Rizalsyah Thahir, Julindiani Iskandar

Abstract


Kota Batam yang memiliki akar budaya Melayu dalam pelestariannya sekaligus sebagai identitas suatu kawasan arsitektur Melayu Riau memiliki peran penting, karena kota Batammempunyai letak geografis yang berbatasan dengan negara Singapura dan negara Malaysia. Pengaplikasian elemen atap arsitektur tradisional Melayu Riau pada bangunan hotel resort di kota Batam merupakan sebuah bentuk dalam pelestarian budaya Melayu Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yaitu dengan mendeskripsikan data tentangpenggunaan atap yang diterapkan pada bangunan publik di kota Batam sesuai dengan Perda Provinsi Kepulauan Riau Nomor 1 Tahun 2019,kemudian dianalisis dengan objek studi yaitu Hotel Resort di kota Batam. Elemen atap arsitektur Melayu Riau yang diteliti adalah bentuk atap, tunjuk langityang merupakan sebuah nama dari bagian elemen atap arsitektur Melayu Riau yang dibedakan bedasarkan posisi pemasangannya,dan ornamenpada lisplang.Hasil studi elemen atap arsitektur Melayu Riau yang mendominasi pada bentuk atapberupa atap limas, pada tunjuk langit yang merupakan bagian dari elemen arsitektur Melayu Riau tidak ditemukan penggunaannya, dan pada ornamen dibagian lisplang juga tidak ditemukan penggunaannya. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran jelas upaya pengembangan kebudayaan dari segi penggunaan atap arsitektur Melayu Riau yang diterapkan pada bangunan Hotel Resort di kota Batam.


Keywords


Elemen Atap, Arsitektur Melayu Riau, Hotel Resort

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Aurelia, N., Winandari, M. I. R., & Iskandar, J. (2019). TIPOLOGI FASAD ARSITEKTUR TRADISIONAL MELAYU RIAU. Mintakat: Jurnal Arsitektur, 20(1), 1-8.

Felita, A., Thahir, A. R., Handjajanti, S., & Kridarso, E. R. (2018, October). LANGGAM ARSITEKTUR MELAYU RIAU PADA BANGUNAN FASILITAS UMUM DI BENGKALIS OBJEK STUDI MUSEUM SULTAN SYARIF KASIM. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN (pp. 49-56).

Jamil, O. N. (2007). Arsitektur Tradisional Daerah Riau. Riau: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Bangunan Berciri Khas Melayu




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.