ANALISIS PEMILIHAN LOKASI BENDUNG MENGGUNAKAN METODE ZERO ONE

Aulia Merteza Zain, Sih Andajani

Abstract


Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi setiap manusia, akan tetapi beberapa daerah di Indonesia ada yang belum bisa tercukupi kebutuhan listrik masyarakatnya, salah satunya di Pasaman, Sumatera Barat. Pemanfaatan sumber daya alam (SDA) berupa aliran sungai bisa menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat dengan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) di Batang (sungai) Sumpur, Pasaman, Sumatera Barat. Pembangunan PLTM tidak terlepas dari pembangunan bendungnya, untuk itu diperlukan pemilihan lokasi bendung
yang sesuai. Ada 2 alternatif lokasi di Batang Sumpur yang berpotensi dapat dibangun bendung, yaitu pada sungai asli dan sodetan. Pemilihan lokasi bendung ini didasarkan pada 6 aspek yang telah disesuaikan untuk bendung PLTM dari 11 aspek yang ada dalam Standar Perencanaan Irigasi –
Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama (Head Works) KP02 oleh Kementrian PUPR. Aspek yang dianalisis adalah topografi, hidraulik, regime sungai, pembebasan lahan, metode pelaksanaan konstruksi, dan biaya pembangunan. Berdasarkan hasil analisis aspek-aspek tersebut dan pemilihan lokasi bendung menggunakan metode zero one, maka alternatif yang dipilih adalah alternatif bendung dibangun pada sodetan.


Keywords


Lokasi, Bendung, Metode zero one.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Pasmawati, Y., & Kusmindari, C. (2013). Analisa Dan Aplikasi Metode Zero one Dan Analitycal Hierarchy Process (Ahp) Dalam Perancangan Becak. Tekno, 5243(12), 01–12.

Soekrasno1. Soekrasno. Sebelas Syarat Penentuan Lokasi Bendung Irigasi. J Irig. 2015;10(1):33–40. (2015). Sebelas Syarat Penentuan Lokasi Bendung Irigasi. Jurnal Irigasi, 10(1), 33–40.

Isawati, I., Hartono, W., & Sugiyarto, S. (2017). Analisis Value Engineering Dengan Metode Paired Comparison Pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Komputer Kampus 3 Universitas. Matriks TeknikSipil, 5(1), 83–89.

DirjenSDA. (2013). Standard Perencanaan Irigasi - Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama (Headworks) KP-02.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.