PENERAPAN MATERIAL BETON EKPOS PADA FASAD BANGUNAN PLANETARIUM JAKARTA

Arief Rachmat Prasetyo, Agus Saladin, Nurhikhmah Budi Hartanti

Abstract


Material beton sudah umum digunakan pada berbagai macam bangunan. Material beton pada bangunan dapat berupa struktur ataupun sebagai partisi dinding. Penerapan material beton pada bangunan Planetarium terletak pada strukur, dinding, terutama kubah pada bangunan teater bintang dan kubah bangunan menara observatorium. Banyaknya penggunaan material beton pada bangunan Planetarium tentu mempengaruhi fasad dari bangunan tersebut. Fasad merupakan bagian terluar dari bangunan yang merupakan hal pertama yang dilihat langsung oleh pengunjung dan merupakan bagian pertama yang merepresentasikan bangunan. Maka dari itu perlu adanya pemanfaatan material beton pada bangunan. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan mengekspos material beton pada fasad bangunan Planetarium. Metode yang dipilih pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan melihat pada dua variable. Pemanfaatan material beton ekspos sangat sesuai diterapkan di bangunan Planetarium Jakarta, karena bangunan Planetarium Jakarta dominan dengan material beton yang cocok untuk diekspos seperti pada bagian kubah dan dinding-dinding sheerwall.


Keywords


arsitektur, planetarium, material, beton ekspos

Article Metrics

Abstract views : 0|

References


Nawy,G.Edward. 1998.Beton Bertulang:suatupendekatan dasar. Diterjemahkan oleh : Suryoatmono, Bambang.Bandung : Refika Aditama.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ervianto,Wulfram I.,Jenis Material Finishing Pada Bangunan, 2006 Putri, Dea Puspita. Ekspose Pada Fasad BangunanRumahSusun Familia Bandung. 2016.

Syahril, Sam.Ekspos StrukturPadaFasad Bangunan. . 2008.

Saepuloh Hidayat, Cecep Yoga Satria, Mochamad Rizky Noor, Nurtati Soewarno. Aplikasi KomponenMaterial PanelBetonPrecastPada Fasad. 2016

www.ilmusipil.com(diakses pada juni2020)

www.rumahmaterial.com(diakses padajuni 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i1.8948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.