STUDI KOMPARASI SIRKULASI RUANG GERAK PENGGUNA PADA AREA BACA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SWASTA BANDUNG (OBJEK KASUS: PERPUSTAKAAN TELKOM UNIVERSITY DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PARAHYANGAN

Alivia Salsabilla

Abstract


Perpustakaan merupakan suatu ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca dan bukan untuk dijual (Sulistyo,  Basuki: 1991). Sebagai fasilitas umum, perpustakaan banyak dikunjungi terutama mahasiswa sehingga menyebabkan banyaknya pengguna perpustakaan yangmelakukan aktivitasbersama dicdalamnya yang mempengaruhi kenyamanan setiap pengguna. Oleh karena itudibutuhkan persyaratan yang tepat termasuk tentang sirkulasi ruang gerak/jarak bersih agar mengurangi persinggungan antar pengguna untuk meningkatkan kenyamanan dan konsentrasi saat membaca diarea baca. Maka dari itu dilakukan pengamatan untuk mengetahui dan mendalami lebih lanjut sirkulasi ruang gerak pengguna perpustakaan yang baik dan tepat dengan pertimbangan antropometrik dan ergonomi serta dampak dari sirkulasi ruang gerak yang kurang mempertimbangkan standar antropometrik dan ergonomi terhadap pengguna perpustakaan. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi komparatif yaitu mengamati kondisi obyek ilmiah dengan cara membandingkan dan mendeskripsikan data yang didapat melalui observasi dengan data literatur. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada aspek jarak sirkulasi ruang  gerak area baca perpustakaan Learning Center,Telkom University belum mendekati jarak sirkulasi ruang gerak yang sesuai dengan standar yang mempertimbangkan faktor antropometri dan ergonomic sedangkan untuk aspek sirkulasi ruang gerak pengguna pada area baca dan rak buku pada perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan  lebih mendekati jarak sirkulasi ruang gerak yang sesuai dengan standar.

 



Keywords


perpustakaan, sirkulasi, ruang gerak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Anonim. 2011. Perpustakaan Ergonomis: Pendekatan Aspek Standar Gedung dan Mebelair Perpustakaan. Tersedia: https://id.scribd.com/doc/76443090/PERPUSTAKAAN-ERGONOMIS. Diakses: 21 April 2019, pukul 23.09.

Basuki, Sulistyo.2003. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Universitas Terbuka.

dKampus. 2017. Perpustkaan Perguruan Tinggi Menurut Para Ahli. Tersedia: https://www.dkampus.com/2017/06/perpustakaan-perguruan-tinggi-menurut-para-ahli/. Diakses: 14 Mei 2019, pukul 03.25.

Dwi Pratiwi, Niken. 2015. Tinjauan tentang Ergonomi dan Penataan Interior Perpustakaan di SMK Negeri 2 Depok Sleman, Tugas Akhir Skripsi. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/17073/1/Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.