PENERAPAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK PADA FASAD BANGUNAN PUSAT RISET DAN TEKNOLOGI ENERGI BARU DAN TERBARUKAN DI JEMBRANA BALI

Wahyu Gita Ozi Sadevi

Abstract


Bali ditetapkan sebagai Kawasan Nasional Pengembangan Energi Bersih (KNEB), pada Global Environment Forum ke-11 di Nusa Dua tahun 2010, yang berkaitan dengan pengembangan sumber energi baru dan terbarukan. Sehingga dibutuhkan infrastruktur yang dapat mewadahi kegiatan penelitian dan pengembangan yang sesuai kondisi lokal. Potensi alam dan iklim yang dimiliki daerah Jembrana, Bali sangat menunjang untuk kegiatan penelitian. Menyikapi potensi tersebut, maka dibutuhkan suatu pemecahan desain fasad yang dapat menyesuaikan iklim lokal. Pendekatan Arsitektur Bioklimatik digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut sehingga didapatkan kenyamanan ruang yang baik di dalam bangunan. Metode penelitian dan pengumpulan data dilakukan dengan melihat kondisi tapak dan penggunaan teori yang dipaparkan secara kualitatif. Analisis dilakukan dengan metode programatik sedangkan konsep bioklimatik dikembangkan melalui metode pragmatik. Komparasi menggunakan bangunan dengan penerapan parameter bioklimatik yang dicetuskan oleh Ken Yeang. Hasil kajian yang didapatkan adalah fasad yang dapat meningkatkan kemampuan insulasi fasad sehingga dapat menurunkan suhu pada ruang-ruang di bangunan penelitian.

Keywords


Bali, penelitian, bioklimatik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Yeang, Ken. 1994. Bioclimatic Skyscrapers. London: Artemis.

Amalia, Nurul. 2013. Fasad Bioklimatik pada Perancangan Perpustakaan Umum di Kednng Kandang Kota Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Dewangga, Faiz., Setijanti, Purwani. 2016. Pendekatan Arsitektur Bioklimatik pada Bangunan Pesisir. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Arumsari, Fatmadhita. 2017. Penerapan Arsitektur Bioklimatik pada Science Technology Park Universitas Riau. Riau: Univeristas Riau.

Latifan, Nur Laela. 2015. Fisika Bangunan 1. Jakarta : Griya Kreasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.