ANALISIS KAPASITAS RESERVOAR DAN SALURAN TRANSMISI DESA LAANG TANDUK

Reinaldy Lagha

Abstract


khususnya pedesaan harus mencari sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itulah yang dialami masyarakat desa laang tanduk yang bermukim di dataran tinggi dengan sumber air yang tidak terjamin kebersihannya. Maka dari itu, pemerintah merencanakan reservoar dan jaringan distribusi yang dinilai mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Namun, perlu untuk menganalisa kembali perencanaan yang ada untuk memastikan kebutuhan masyarakat telah tercukupi dan karena sifatnya yang tidak hanya melihat kualitas dan kuantitas melainkan kontiniuitas, melihat penduduk yang terus bertambah sehingga dipertimbangkan kebutuhan masyarakat di tahun mendatang.
Hasil analisa menyatakan, pada tahun 2017 kebutuhan air sebesar 5,103 lt/dt di jam puncak dengan kapasitas reservoar 50 m³ dan terdiri dari pipa berdimensi 2,5-8 inci. Adanya pertumbuhan penduduk menyatakan kebutuhan air meningkat menjadi 9,548 lt/dt dengan kapasitas tampungan 95 m³ dan pipa berdimensi 3-12 inci. Akibat perbedaan elevasi dan terdapat kehilangan energi yang signifikan, menyebabkan penggunaan pompa di 2 titik.
Dengan ini, disimpulkan bahwa perencanaan yang ada telah memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih namun di tahun mendatang pada tahun 2030, baik kapasitas reservoar maupun sistem transmisi yang diwadahi oleh pipa tidak relevan lagi untuk digunakan sehingga kapasitas reservoar dan saluran transmisi harus diperbesar.


Keywords


Kebutuhan air bersih, kapasitas reservoar, saluran transmisi, pompa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Ramli, Abdul. (2017). Analisis Kapasitas Reservoar dan Saluran Transmisi di Kecamatan Marusu.

Rahmatullah, M.Riendra (2014). Sistem Penyediaan Air Minum Kecamatan Semarang Selatan

Armanto, Ricki Novan dan Indarjanto, Hariwiko (2011). Analisis dan Perencanaan Pengembangan Sistem Distribusi Air Minum di PDAM Unit Plosowahyu Kabupaten Lamongan.

Maindoka, Jimly dan Panjaitan, Hendra (2011). Analisis Pemakaian Air Bersih (PDAM) Untuk Kota Pangkep 10 Tahun Kedepan.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya (1996). Analisis Kebutuhan Air Bersih.

Soemarto, C. D. 1999, Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.