ANALISA KOLAM TAMPUNGAN PADA POLDER CIKETING UDIK

Arryka Febianti Putri, Sih Andajani

Abstract


Perkembangan di Indonesia memicu pembangunan di beberapa kawasan di Indonesia, salah satunya di kawasan Ciketing Udik. Dampak dari pembangunan tersebut yaitu masalah banjir yang diakibatkan ketidakmampuan saluran untuk menampung dan mengalirkan air di dalamnya serta berkurangnya daerah resapan air sehingga diperlukan upaya untuk penangann banjir tersebut. Tujuan analisa ini yaitu untuk mengetahui kapasitas maksimum kolam dan kedalaman kolam tampungan akibat penerapan drainase berwawasan lingkungan dengan konsep zero runoff sebagai upaya penanggulangan banjir di Ciketing Udik berdasarkan aspek hidrologi dan hidraulika. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan metode water balance, diperoleh hasil rancangan kolam tampungan seluas 5,5 ha dengan kedalaman maksimum 4 m dan kapasitas maksimum kolam tampungan yaitu 227.710 m3.

Keywords


Kolam Tampungan, Polder, Water Balance

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Departemen Pekerjaan Umum, D. J. C. K. (2019). Pembuatan Kolam Retensi Dan Polder. Ditjen Cipta Karya. (2010). Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta: Ditjen Cipta Karya.

Harmani, E., & Soemantoro, M. (2017). Kolam Retensi Sebagai Alternatif Pengendali Banjir. 71–80.

Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, D. (2013). Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Operasi Dan Pemeliharaan Sistem Pompa. (20).

Putri Febianti, A. (2019). Perancangan Drainase Berwawasan Lingkungan pada Polder di Ciketing Udik. Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Trisakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.