ANALISIS PENENTUAN PROPORSI KAPASITAS SELIMUT DAN UJUNG TIANG BERDASARKAN HASIL UJI BEBAN STATIK

Patrickson Christian Sianturi

Abstract


Pada masa ini duniaxteknik sipil masih terus berkembang, seiring dengan berjalannya waktu maka akan muncul solusi-solusi baru untuk berbagai permasalahan di dunia teknik sipil. Fondasi salah satunya, fondasi merupakan sebuah komponen utama dari strukturxbangunan. Pembuatan fondasi dengan tiang bor memerlukan proses perhitungan yang akurat untuk mendapatkan daya dukung ultimit dari tiang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pembagian proporsi dari daya dukung friksi dan ujung tiang bor dengan menggunakan analisis statis yaitu dengan metode t-z yang didasari oleh metode Reese & Wright yang nantinya akan menghasilkan nilai penurunan yang terjadi pada sebuah tiang dengan beban tertentu berdasarkan beban maksimum dan diameter tiang, kemudian dari hasil tersebut akan dapat ditentukan pembagian proporsixfriksi dan ujung tiangnya.

Keywords


Metode t-z; Gaya friksi; Gaya ujung; Analisis statis; Tiang bor.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Christady Hardiyatmo, Hary. 2002. TeknikFondasi I. Penerbit Gadjah Mada

University Press: Yogyakarta.

Das, Braja M.. 2011. Principle Of Foundation Engineering, Edisi 7. Cengage

Learning. Stamford USA.

Geotechnical Engineering Center (GEC). 2013. Manual Pondasi Tiang, Edisi 4. Bandung, Indonesia : Deep Foundation Research Institute, Parahyangan Catholic University.

Girsang, Priscilia. 2009. Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Tunggal pada Proyek Pembangunan Gedung Crystal Square. Universitas Sumatera Utara.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2010. Analisis dan Perancangan Fondasi II. Penerbit Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Murthy, V. N. S. (2002). Geotechnical Engineering: Princeiples and Practices of Soil Mechanics and Foundation Engineering. Marcel Dekker, Inc. New York, USA.

Novianty M. A., Ika. 2019. Analisis Daya Dukung Tiang Bor dengan Transfer Beban Menggunakan Metode T-Z. Universitas Trisakti.

Redana, I Wayan. 2010. Teknik Pondasi. Denpasar: Udayana University Press.

Sanjaya, Gigih. 2014. Perbandingan Kapasitas Dukung Aksial Pondasi Tiang dengan Beberapa Metode Analisis. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.