EVALUASI SALURAN DRAINASE EKSISTING DAN RENCANA PERBAIKAN SALURAN DRAINASE UNTUK PENGENDALIAN BANJIR PERUMAHAN METRO SERPONG, TANGERANG

Muhammad Ikhsan

Abstract


Evaluasi saluran drainase yang berlokasi di kawasan Perumahan Metro Serpong, Tangerang. Kawasan Perumahan Metro Serpong tersebut mengalami kebanjiran yang diakibatkan karena saluran drainase yang tidak bisa menampung dan mengalirkan air secara normal. Penelitian ini bertujuan menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada kawasan Perumahan Metro Serpong yang tergenang. Berdasarkan metode yang digunakan, didapatkan hasil analisa hidrologi dan hidrolika yang akan dibandingkan untuk mendapatkan besarnya kapasitas saluran drainase yang dibutuhkan untuk memenuhi debit banjir yang terjadi pada daerah tersebut. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas saluran drainase lebih kecil dibandingkan dengan debit banjir rasional. Oleh karena itu, saluran drainase di kawasan Perumahan Metro Serpong akan diperbaiki dengan memperbesar dimensi saluran drainase untuk memperbesar kemiringan dasar salurannya juga. Dengan begitu, saluran drainase dapat menampung dan mengalirkan air secara lancar.

Keywords


Evaluasi Saluran Drainase, Saluran Drainase, Banjir

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Setiawan, Ary. 2014. Evaluasi Sistem Saluran Drainase Di Ruas Jalan Solo Sragen Kabupaten Karanganyar. Jurnal Teknik Sipil UNS, (Vol.2 no.1 (2014)).

Kementrian Pekerjaan Umum. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.12 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

Anonim.1997. Drainase Perkotaan. Jakarta : Gunadarma Press.

Harto, Sri. 1993. Analisis Hidrologi. Gramedia Pustaka Utama. Yogyakarta.

Montarcih, Lily. 2010. Hidrologi Praktis. Lubuk Agung, Bandung

Wilson, E.M.1969. Teknik Hidrologi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Fairizi, Dimitri. 2015. Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, (Vol.3 no.1 (2015)).




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.