EVALUASI AZIMUTH LANDASAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA DENGAN METODE WIND ROSE

Azmi Rahmiati Utami

Abstract


BandarXudaraXInternasionalXHuseinXSastranegaraXberlokasiXdiXJalanXPajajaran nomor 156 Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan azimuth landasan Bandar udara menggunakan data angin pada tahun 2018 dengan azimuth landasan Bandar udara pada tahun 2019. Oleh sebab itu, pada penelitian ini diperlukan untuk mengetahui besar cross wind yang ada pada landasan Bandar udara Internasional Husein Sastranegara menggunakan metode wind rose. Cara yang dilakukan adalah dengan menganalisis angin pada tahun 2018 setiap enam jam atau empat kali sehari agar terlihat besar angin yang dan arah angin yang paling dominan yang ada pada Bandar udara Internasional Husein Sastranegara. Setelah data angin diolah dalam bentuk excel dan sudah didapatkan besar angin dalam besaran knots dan arah angin dalam besaran derajat lalu diolah menggunakan aplikasi WRPLOT untuk menghasilkan gambar wind rose sehingga dari gambar wind rose tersebut didapat sudut atau azimuth landasan Bandar udara internasional Husein Sastranegara dan dibandingkan dengan data azimuth landasan Bandar udara Husein Sastranegara pada saat ini.

Keywords


Kata Kunci: azimuth landasan bandar udara, wind rose, cross wind.

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF (Bahasa Indonesia) views : 0

References


REFERENSI

Sakti, A. (2012). Penerbangan dan Bandar udara. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fadloli, A. (2013). Analisis Komponen Angin Landas Pacu (Runway) Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Statistika. XIII (2): 45-53.

Fadloli, A. (2013). Analisis Data Angin Permukaan Di Bandara Pangkalpinang Menggunakan Metode Windrose. Jurnal Geografi. X (2): 112-122.

Mardiah, A. M., Nafisah, A. D., Raharjo, E. S., Febrianto, F. R., Pratomo, M. R. & Akmal, N. J. (2017). Rekayasa Pantai Dan Rawa Kajian Jetti Jogja. Tugas Akhir. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Samantha, A.S. & Avriyanti, S. (2018). Rekayasa Prasarana Antarmoda Perancangan Bandar Udara. Tugas Akhir. Tidak Dipublikasikan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Sartono, Wardani., Dewanti., Rahman, Taqia. (2019). Bandar Udara. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Warsito, Djoko. (2018). Manajemen Bandar Udara. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i2.6580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.