STUDI LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALANRAYA BOGOR SEKSI KEDUNG HALANG – PABUARAN

Ilya Tri Asmara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan lalu lintas sepanjang 13 km yakni dari Kedung Halang – Pabuaran . Dilanjutkan menganalisis data korban Meninggal Dunia (MD), Luka Berat (LB), Luka Ringan (LR), Kendaraan terlibat (K) yang terdata lokasi rawan kecelakaan di Jalan Raya Bogor seksi Kedung Halang – Pabuaran. Setelah itu, dianalisis dengan metode angka kecelakaan (AEK) dan batas kendali atas (BKA). Hasilnya terdapat 4 segmen rawan kecelakaan pada STA 7, STA 8, STA 9, dan STA 12. Penerapan marka kejut, penutupan arus putar balik (U-TURN), melengkapi rambu lalu lintas, penambahan lampu penerangan jalan umum (LPJU), penerapan zona selamat sekolah (ZoSS).


Keywords


rawan, keselamatan, kecelakaan, lalul lintas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


PDT-06-2005. Perencanaan Putaran Balik (U-Turn). Jakarta PDT-09-2004-B.Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu lintas. Jakarta

Standar Nasional Indonesia (2008). Spesifikasi Penerangan Jalan Di Kawasan Perkotaan.Jakarta

Susilo, B.H. (2014). Keselamatan Lalu Lintas Jalan. Bandung : Universitas Kristen Maranatha

Sweroad & Persero. (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) : Angka Kecelakaan Lalu Lintas, 14

Trisbiantara. (1999). Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta :Universitas Trisakti

Undang-Undang Republik Indonesia (2009). Lalu Lintas Angkutan Jalan. Nomor 22. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia (2006). Jalan. No. 34. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i1.5975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.