ANALISIS PEMILIHAN MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN BERDASARKAN JEJAK KARBON

Agung Subekti Nurcahyono, Bambang Endro Yuwono

Abstract


Pemilihan material ramah lingkungan didasarkan pada unsur 3 R dan jarak angkut yang nantinya akan mempengaruhi besar kecilnya emisi karbondioksida yang dihasilkan. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan total emisi karbondioksida dari setiap penyuplai karpet sebelum dan setelah diasumsikan. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data primer maupun data sekunder dari proyek maupun masing-masing penyuplai. Hasil dari perhitungan didapat bahwa pada kendaraan angkut oleh PT PCA mengalami peningkatan emisi karbon terbesar sebesar 40,67% dan mengalami penurunan emisi karbon sebesar 57,23%. PT TFI mengalami peningkatan emisi karbon terbesar sebesar 3,85% dan mengalami penurunan emisi karbon sebesar 39,19%.


Keywords


material ramah lingkungan; emisi karbondioksida; penyuplai; produktivitas truk.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Chiras, D. (2004). The New Ecological Home. The Complete Guide to Green Building Options. United States of Amerika: Chealse Green Publishing Company.

Kholil, A. (2012). Alat Berat. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nugrahardani, A., Jatmiko, I.S., Wibowo, M.A.& Budeiny, H. (2017). Evaluasi Material Waste dan Carbon Footprint Pada Penerapan

Green Construction. Prodi Teknik Sipil. Semarrang: Universitas Diponegoro.

Rochmanhadi. (1992). Alat-Alat Berat dan Penggunaannya. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v1i1.5638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.