PERILAKU MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN RUANG KELAS, KANTIN DAN PERPUSTAKAAN PADA KAMPUS UNIVERSITAS TRILOGI JAKARTA SELATAN

Nadia Bunyamin, Enny Supriyati Sardiyarso, Sri Tundono

Abstract


Ruang dalam kampus dijadikan wadah primer dengan fungsi untuk menyelenggarakan banyak sekali kegiatan. Di dalam dunia arsitektur, bentuk fisik yang bisa dirasakan harus mampu menjadi wadah terjadinya konektivitas antara hubungan ruang dan perilaku penggunanya. Penelitian ini bertujuan mencari tahu dampak beberapa ruang pada kampus Universitas Trilogi terhadap perilaku mahasiswa. Ruang-ruang yang dijadikan penelitian yaitu ruang kelas, perpustakaan, dan kantin. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bertujuan melihat dan memahami secara detail gambaran yang terjadi saat pengguna ruang melakukan aktivitasnya dan pengumpulan data menggunakan teknik pemetaan perilaku yang menghasilkan sebuah sketsa atau pola perilaku yang terjadi lalu menggolongkannya dalam simbol warna. Banyak sekali faktor pada desain dari fasilitas ruang kampus Universitas Trilogi yang bisa mempengaruhi konduite/perilaku mahasiswa. Diantaranya seperti menonton film, tidur, menggeser meja dan kursi. Metode analisa dan penarikan kesimpulan yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dan analisis. Setelah dilakukan pemetaan Place-Centered Maps dengan pola/sketsa, hasil data yang diperoleh akan direduksi untuk menghasilkan sebuah kesimpulan berupa kekurangan, kelebihan dan juga persamaan pada setiap ruang. Keseluruhan kesimpulan akan dijadikan sebagai referensi dalam mendesain setiap ruang kelas, perpustakaan dan kantin.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Adhitama, M.S., 2013, Faktor Penentu Setting Fisik dalam Beraktifitas di Ruang Terbuka Publik “Studi Kasus Alun-

Alun Merdeka Kota Malang”,Jurnal RUAS Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. 11 (2). 1693-3702

Adjie, M. Dwi. “Pengaruh Desain Interior Perpustakaan terhadap Pembentukan Citra Positif Perpustakaan”. EduLib, Vol. 1 No.1 (2011): 77-86.

Adjie, M. Dwi. “Pengaruh Desain Interior Perpustakaan terhadap Pembentukan Citra Positif Perpustakaan”.EduLib, Vol. 1 No.1 (2011): 77-86.

Alfin Samuel, Mariana Wibowo https://media.neliti.com/media/publicati ons/94792-ID-perancangan-interiorperpustakaan-kota-s.pdf

Destinadhamayanti, https://somanymany.wordpress.com/20

/05/08/desain-ruang-kelas/

Fahmi, Yusri. “Desain Gedung Perpustakaan

Perguruan Tinggi”. Khizanah AlHikmah. Vol.1 No. 2. (2013). 139-145.

Laurens, J.M., 2005,Arsitektur dan Perilaku Manusia,Jakarta: PT Grasindo

Nuraini, K., 2014,Motivasi Berprestasi Mahasiswa Penyandang Tunadaksa

[Skripsi], Surabaya: Pengaruh Desain Dan Fasilitas Ruang Kelas Kampus Ums

Terhadap Perilaku Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015.Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing

Tandal,A.N. & Egam,I P.P., 2011, Arsitektur Berwawasan Perilaku (Behaviorisme),

Jurnal Prodi Arsitektur Unsrat. 8 (1). 5367




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psia.v2i2.10318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.