STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: TERBUKTIKAH SECARA EMPIRIS?

Thorida Nur Asih, Titik Inayati, Eva Wany

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan struktur aset terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Model analisis untuk penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling berbantuan SmartPLS versi 3.2.8. Penelitian ini menggunakan 156 laporan perusahaan property dan real estate bersumber dari www.idx.co.id. Hasil studi pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2015-2018 menunjukkan bahwa likuiditas dan profitabilitas memiliki efek positif pada nilai perusahaan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar. Likuiditas berpengaruh negatif, profitabilitas tidak berpengaruh, dan struktur aset berpengaruh positif terhadap struktur modal. Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas berpengaruh negatif, profitabilitas tidak berpengaruh, dan struktur aset berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 265| PDF views : 0

References


Admaja, L.S. (2008). Teori dan Praktik Manajemen keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Afzal, Arie dkk. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden, terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro journal of accaounting, vol.1. No. 2.

Brigham, E. F. dan Houston, (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. (Terjemahan Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E.F., dan Weston, J,F. (2005). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Budiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Fakhruddin, M. dan Hadianto, M. S. (2001). Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Gultom, R., Agustina, Wijaya, S. W. (2013). Anilisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 3, No. 3.

Gusaptono, R. Hendri. (2010). Faktor-Faktor yang Mendorong Penciptaan Nilai Perusahaan di BEI. Jurnal Buletin Ekonomi, Vol. 8 No. 2. Hal 70-170. Yogyakarta.

Hermuningsih, Sri (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 16 No. 2, Juli 2012, 232-242.

Joni dan Lina (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Volume 12, No. 2

Keown, A.J., Martin., J.D., Petty, J.W., Scott, D.F., . (2011). Manajemen Keuangan Prinsip dan Penerapan (Terjemahan Marcus Prihminto Widodo). Jakarta: PT Indeks.

Lusangaji, D. dan Wati A. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Tercatan di BEI), Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 1, No. 2.

Mahendra, Alfredo Dj., Luh Gede Sri Artini, dan A.A Gede Suarjaya. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 6 No. 2 Bali: Universitas Udayana.

Raharjaputra, H.S. (2009). Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rahayu, M. dan Sari B. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRAITH-HUMANIORA, 2 (2). 69-76.

Subramanyam, K. R dan Wild, J.J. (2013). Analisis Laporan Keuangan. (Terjemahan Dewi Yanti). Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I.M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Syamsuddin, L. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengamblan keputusan. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.