INTEGRASI PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DENGAN MODEL BLENDED LEARNING

Lusinta Saraswati, Herfa Maulina Dewi Soewardini, Meilantifa Meilantifa

Abstract


Model blended learning merupakan salah satu pembelajaran yang menggunakan tekonologi informasi dan komunikasi dalam prosesnya. Pembelajaran berkomunikasi dan berpikir kritis yang diintegrasikan dalam model blended learning diharapkan dapat menjadi salah satu pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuannya tanpa terbatas waktu dan ruang sehingga siswa dapat belajar matematika kapan pun dan dimana saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi pembelajaran berkomunikasi dan berpikir kritis materi perbandingan trigonometri dengan model blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OTP 1 SMK Kawung 2 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Metode analisis data yaitu menggunakan analisis data observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan penelitian bahwa integrasi pembelajaran berkomunikasi dan berpikir kritis dengan model blended learning pada siswa dengan kemampuan tinggi tidak mengalami kesulitan, siswa dengan kemampuan sedang sedikit mengalami kesulitan, dan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 97| PDF views : 0

References


Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: PT. Buku Seru.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelajaran Edisi 4. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Santoso, Gempur. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santrock, John W. 2011. Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2012.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yusuf. 2011. Mengenal Blended Learning. Lentera Pendidikan. No.2 Volume 14 Desember 2011. Hal 232.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.