PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Rizky Adinda Sekar Arum, Friendha Yuanta

Abstract


Keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran didukung oleh berbagai komponen salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran sebagai penghubung interaksi dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran tersebut berkesan bagi siswa. Salah satunya menggunakan media Pop-Up Book. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media Pop-Up Book untuk meningkatkan hasil belajar di SDN Pakis V Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment, sample penelitian ini adalah siswa kelas IVb & IVd tahun ajaran 2018/2019 dan sampel 64 siswa dibagi menjadi 32 siswa dikelas eksperimen dan 32 siswa dikelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian diberikan tes pilihan ganda dalam tes tersebut dibagi menjadi dua yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas Uji-T dan Uji Anova. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku SDN Pakis V Surabaya yang ditunjukkan oleh hasil uji-T yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dan media Pop-Up Book memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan uji Anova satu jalur yang ditunjukkan sebesar 76,28.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 284| PDF views : 0

References


Ahmada, T, 2018, Pengaruh Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Jemundo 2 Sidoarjo, Skripsi Tidak Diterbitkan, Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Arief, Sadiman, S., 2010, Pengertian Pengembangan dan pemanfaatannya, Jakarta: PT. Rajawali Pers

Arifin, Zainal, 2013, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hermawan dkk, 2008, Pembelajaran Terpadu di SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Permendikbud No. 65 Tahun 2013, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Riduwan, 2015, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta

Sudjana, N, 2011, Penilaian Hasil Belajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.