PENERAPAN MOTIF BATIK YOGYAKARTA PADA DESAIN INTERIOR HOTEL INNSIDE BY MELIA DI JAKARTA SELATAN

Aulia Silmi Azka, Susy Irma Adisurya

Abstract


Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah pusat dari berbagai kegiatan bisnis, diantaranya adalah dalam sektor ekonomi dan pariwisata. MICE (MeetingIncentive,Convention, dan Exhibition) merupakan kegiatan yang mengawali munculnya industri pariwisata dengan pemberian pelayanan bisnis. Hotel adalah salah satu faktor pendukung industri bisnis dan pariwisata sehingga dalam pengelolaannya hotel  harus  responsif  dan  adaptif  terhadap  perubahan lingkungan sosial serta budaya. Objek penelitian yang dipilih adalah Hotel Innside By Meliayang merupakan hotel bintang 4 di Yogyakarta. Pada tugas akhir ini lokasinya berada di Jakarta dengan tetap mengangkat konsep arsitektur jawa dan budaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui literatur, jurnal, internet, dan wawancara melalui survey yang kemudian dianalisa untuk mendapatkan konsep desain interior hotel yang sesuai.Jenis desain interior Hotel Innside By Meliamerupakan Desain Baru atau Re-designdengankonsep Tema interiornya adalah “The Elegant Side of Yogyakarta”. Tema ini dipilih karena Hotel Innside By Melia memiliki kebijakan menampilkan budaya Yogyakarta pada konsep desain interior hotel nya, yaitu mendesain interior Hotel yang modern yang di padukan dengan filifofiarsitektur jawa dan motif batik yogyakarta.Citra interior yang ingin ditampilkan adalah suasanawarm, elegant, dan luxury dan gaya interiornya Kontemporer. Konsep bentuk nya mengambil bentuk geometris dengan warna yang sesuai dengan cita hangat, elegan dan mewah.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 107| PDF views : 0

References


Attariqi,Faiz Adila.2018.”Pengembangan Desain Interior UNY Hotel dengan Penerapan Unsur Budaya Yogyakarta”.Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismunandar, R. 1986. “Joglo: Arsitektur Rumah Tradisional Jawa”. Semarang: Penerbit Dahara Prize.

Karlen, Mark. 2007. “Dasar-dasar Desain Pencahayaan”. Jakarta: Erlangga

Keputusan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. Km 108/HM.703/MPPT-91

Kusumawardhani, Martha. 2006. “Perencanaan dan Perancangan Interior Res

Marlina, Endy. 2008. “Panduan Perancangan Bangunan Komersial”. PT. Andi : Yogyakarta.

Michael,Julius.2013.”Hotel Bisnis Bintang 4 Di Kota Medan”.Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

Neufert, Ernst. 1992. “Data Arsitek Jilid 1, Edisi Kedua”, Penerbit Erlangga : Jakarta Panero,Julius, Zelnik Martin.1979. Dimensi Manusia & Ruang Interior.Jakarta: Erlangga.

Neufert, Ernst. 2002. “Data Arsitek jilid 2 Edisi Kedua”, Penerbit Erlangga : Jakarta

Panero, Julius, Martin Zelnik. 2005. “Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Penerbit Erlangga”.Jakarta

Paramita,Trivesti Laksmi,Wardoyo,R.Ardi.2015.”Desain Interior Four Points Solo Untuk Menampilkan Citra Hotel Bisnis Elegan Kontemporer dengan Sentuhan Budaya Jawa”.Jurnal Sains.Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Prahastuti,Pricillia Devi,Rachmaniyah,Nanik.2017.”Aplikasi Konsep Luxury pada Hotel Bisnis”.Jurnal Sains.Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November

.

Soegeng, Toekio, “Mengenal Ragam Hias Indonesia”, Penerbit Angkasa: 2000.

Tarigan, Suci A.Putri.2017.”Hotel Bisnis Polonia”.Skripsi.Medan: Universitas Sumatera Utara.

taurant, Coffee Shop dan Lobby”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Wicaksono, Andie.A, Tisnawati, Endah.2014.”Teori Interior.Jakarta”: Griya Kreasi.

Widyartanti, Johanna Erly. 2010. “Colour Harmonied”. Jakarta: PT Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.