PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL KAMPANYE SOSIAL APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS LOKASI JAKARTA

Jauza Kamilah, Elda Franzia

Abstract


Jakarta adalah wilayah yang memiliki konstribusi besar terhadap volume sampah di Indonesia, aplikasi Bank Sampah di Jakarta menjadi portal masyarakat dalam berpatisipasi menanggulangi sampah Jakarta. Karena kegunaan aplikasi Bank Sampah yang dapat meningkatkan minat masyarakat Jakarta pada era teknologi maka harus memperhatikan tampilan desain antarmukanya. Penelitian ini mengevaluasi respon pengguna terhadap desain antarmuka aplikasi Bank Sampah di Jakarta, untuk dijadikan bahan pengembangan dalam perancangan tampilan desain antarmuka aplikasi Bank Sampah yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data dari observasi, kuesioner, wawancara, dan referensi pustaka. Analisis dilakukan terhadap peningkatan volume sampah yang berpengaruh terhadap lingkungan, dan elemen-elemen desain yaitu tipografi, warna, layout, gambar, ikon, dan proses tahapannya, menu pada aplikasi sejenis. Hasil dari penelitian ini adalah membuat aplikasi Bank Sampah dengan desain yang baik, dan proses tahapan yang mudah supaya meningkatkan minat dan kepedulian masyarakat terhadap aplikasi Bank Sampah.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 145| PDF views : 0

References


Cenadi, C. S. (1999). Elemen-elemen dalam desain komunikas visual. Jurnal NIirmana, 1(1).

Hidayati, I. N. (2014). Layout pada majalah. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(2).

Keman, S. (2005). Kesehatan perumahan dan lingkungan pemukiman. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2(1), 29–42.

Mukono, H. . (2006). Prinsip dasar kesehatan lingkunga (2nd ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Nurcahyono, F. (2012). Pembangunan aplikasi penjualan dan stok barang pada toko nuansa elektronik pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(3).

Rustan, S. (2010). Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sari, S. M. (2004). Peran warna interior terhadap perkembangan dan pendidikan anak di taman kanak-kanak. Jurnal Dimensi Interior, 2(1).

Savitri, P. (2015). Review desain interface aplikasi soppos menggunakan evaluasi heuristik. Jurnal Simetris, 6(1).

Tirtadarma, E., Budi, A. E., & Jasjfi, E. F. (2018). Kajian peranan desain ux (pengalaman pengguna) - ui (antar muka pengguna) mobile application kategori transportasi online terhadap gaya hidup bertransportasi masyarakat urban. Jurnal Seni & Reka Rancang, 1(1), 181–207.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.