DAMPAK KEGAGALAN DESAIN PADA PROSES INDUSTRI KONSTRUKSI

Nadya Nilafianty Prasetya, Martinus Bambang Susetyarto Bambang Susetyarto

Abstract


Jasa Konstruksi adalah layanan jasa konsultansi konstruksi dan/atau pekerjaan konstruksi.Sedangkan Industri Konstruksi adalah proses perjalanan konstruksi dari mulai studi kelayakan, perancangan, pengadaan, konstruksi sampai dengan pengecekkan pasca konstruksi.Dalam industri konstruksi peran arsitek dimulai dari persiapan yakni studi kelayakan sampai dengan pasca konstruksi. Dalam menjalani proses industri konstruksi tersebut arsitek memiliki hak dan kewajibannya yang harus dipenuhi kepada pengguna jasa. Dengan kata lain arsitek bertanggung jawab penuh atas suatu proyek yang dikepalainya.Kegagalan bangunan dalam industri konstruksi dapat berupa kelalian manusia, kondisi alam atau pun kombinasi keduanya.Kegagalan manusia dalam proses mendesain dapat merugikan kondisi lingkungan sekitar yang berakibat buruknya lingkungan hidup serta terganggunya kesehatan masyarakatsekitar bangunan. Untuk itu diperlukan adanya penekanan perhatian pada proses uji kelayakan bangunan serta pengadaan dalam proses industri konstruksi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Susetyarto, Bambang Martinus. (2001). Paradigma “Superstructure” Industri Konstruksi. Agora.2(1),52-63

Hansen, Seng.2015. Manajemen Kontrak Konstruksi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Hermanto, Edi & Kistiyani, Frida. (2006).KEGAGALAN BANGNAN DARI SISI INDUSTRI KONSTRUKSI.Media komunikasi Teknik sipil.14(1), 48-55

Isnanto, Bayu Ardi.2017.” Limbah Busuk Cemari Lingkungan, PT RUM di Sukoharjo Akui Kesalahan”(online),https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3701376/limbah-busuk-cemari-lingkungan-pt-rum-di-sukoharjo-akui-kesalahan,diakses3 juli 2018.

Peraturan Mentri Perindustrian No. 40 Tahun 2016 Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Kawasan Industri

Sunowo, Sunthy & Eko, Sandi.2007.Pedoman Praktek Profesi Arsitek.Jakarta.Imaji

Undang-Undang No.2 tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.3470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.