KONSEP HIGH – TECH PADA GEDUNG TEATER DI JAKARTA OBJEK STUDI: TEATER JAKARTA, TAMAN ISMAIL MARZUKI

Atikah Rahmah Lubis, Etty R. Kridarso, Sri Handjajanti

Abstract


Arsitektur High – Tech adalah suatu gaya arsitektur yang dalam penerapannya menggunakan elemen - elemen struktural yang sangat dominan dengan penggunaan material pabrikasi pada elemen interior, eksterior maupun struktur dan utilitas bangunan. Penggunaan  arsitektur High – Tech dimaksudkan untuk menampilkan unsur-unsur teknik bangunan kemudian diekspose, dimana hasil aplikasinya menjadi suatu keunikan dari bangunan yang dimaksud. Tujuan penulisan ini adalah untuk mencari tahu konsep-konsep arsitektur High – Tech yang terdapat pada Gedung Teater Jakarta. Berdasarkan metode kualitatif, akan ditelusuri konsep High – Tech pada bangunan Gedung Teater Jakarta, dimana data diperoleh melalui studi literatur dan rekaman visual. Kesimpulan berupa deskripsi bahwa  Gedung Teater Jakarta ternyata memiliki beberapa kriteria konsep arsitektur High – Tech.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 197| PDF views : 0

References


Alexander Sidharta, Nico. 2014. “Gedung Pertunjukan Seni Teater Tradisional Jawa Di Surabaya” JURNAL eDIMENSI ARISTEKTUR Vol. II, No.1.

Davies, Colin.1998. High Tech Architekture, New York: Rizolli.

Jenks, Charles.1988. The Battle of High Tech, Great Building with Great Fault. Architectural Design.

Jewell, Don. 1978. Public Assembly Facilities Planning and Management, Canada: A Wiley-Interscience Publication.

Raco. 2010. “Metode Penelitian Kualitatif”. Jakarta: PT Grasindo.

Santosa, Eko, dan dkk. 2008. Seni Teater Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Telew, Meynar, and Lintong, Steven. 2011. “Arsitektur High Tech” Media Matrasain.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.