MODEL ESTIMASI BIAYA RENOVASI PEKERJAAN RUMAH TINGGAL DENGAN MENGGUNAKAN COST SIGNIFICANT MODELS

Darmawan Pontan, Intan Yulianisa

Abstract


Estimasi biaya merupakan hal yang cukup penting adanya dalam sebuah proyek, berfungsi untuk mengetahui perkiraan anggaran yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan hasil estimasi yang akurat maka diperlukan sebuah metode. Metode yang digunakan dalam estimasi ini adalah cost significant model. Metode ini sudah sering digunakan dalam sebuah proyek tidak hanya efektif tetapi juga cukup mudah dalam melakukan estimasi. Penelitian ini dilakukan pada proyek renovasi rumah tinggal. Cara yang digunakan untuk mendapatkan estimasi biaya yaitu dengan mengidentifikasi cost significant item yang memiliki pengaruh besar
terhadap total biaya renovasi rumah tinggal, kemudian menganalisis untuk mendapatkan rumusan persamaan regresi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa cost significant item nya adalah pekerjaan dinding (X2), Pekerjaan Beton (X3), Pekerjaan Atap (X4) dan Pekerjaan Plafon (X6). Model estimasi biaya renovasi pekerjaan rumah tinggal dapat dipengaruhi oleh biaya pekerjaan dinding (X2) dan biaya pekerjaan plafon (X6). Akurasi model ini rata – rata 7,21 %.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 50| PDF views : 0

References


Astana, I Nyoman Yudha (2017). Estimasi Biaya Konstruksi Gedung Dengan Cost Significant Model. Jurnal Jurusan Teknik Sipil, Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Kabupaten Bandung, Bali.

Dewita, Reni (2013). Model Biaya Pemeliharaan Fasilitas Pada Bandar Udara Ngurah Rai Bali. Jurnal Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar.

Firmansyah, Dikdik (2018). Conseptual Estimation of Cost Significant Model on Shop-Houses Construction.

Panuwun, Rizky Tulus (2015). Komponen Biaya Yang Mempengaruhi Estimasi Biaya Peningkatan Jalan Provinsi. Jurnal Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.

Poh, Paul SH dan Horner R Malcolm W (1995). Cost-Significant Modelling-Its Potential For Use In South-East Asia : Paper in Engineering, Construction and Architectural Management.

Pontan, Darmawan (2018). Effect of the building maintenance and resource management through user satisfaction of maintenance. International Journal of Engineering &Technology.

Pontan, Darmawan (2016). Model Estimasi Biaya Pemeliharaan Gedung C FTSP Universitas Trisakti Dengan Menggunakan Metode Cost Significant Models. Jurnal Jurusan Teknik Sipil, Universitas Trisakti, Jakarta.

Pontan, Darmawan (2018). Model Pengaruh Kondisi Bangunan Pasar Dan Sumber Daya Pengelola Terhadap Kepuasan Pengguna Melalui Manajemen Pemeliharaan. Program Pascasarjana-Doktor Ilmu Teknik Sipil, Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Wibisono, Imam (2015). Model Estimasi Biaya Pemeliharaan Gedung 600 Angkasa Pura II Dengan Menggunakan Metode Cost Significant Models. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Trisakti, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.