PENGARUH STRATEGI RETAIL-MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GRAMEDIA BOTANI SQUARE

Marga Anjar Distyarini, Ria Arifianti, Tetty Herawaty

Abstract


Abstrak

Tujuan-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan retail-mix Gramedia Botani Square serta pengaruh dari retail-mix yang dilakukan Gramedia Botani Square terhadap keputusan pembelian konsumennya.

Desain/Metodologi/Pendekatan-Data berasal dari penyebaran kuesioner kepada 116 responden. Dalam menentukan sampel, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling yang masuk kedalam kategori nonprobability sampling. Metode penelitiannya yaitu kuantitatif dengan objek penelitiannya adalah retail-mix sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil Penelitian- Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu secara simultan Retail-Mix memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Namun, hasil pengujian statistik secara parsial Lokasi, Manajemen Barang Dagang, Pelayanan Konsumen dan Tampilan & Desain Toko berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian; Penetapan Harga dan Bauran Komunikasi tidak berpengaruh secara terhadap Keputusan Pembelian.

 

Abstract

Purpose-This study aims to analyze the implementation of the retail mix Gramedia Botani Square and the influence of the retail mix conducted by Gramedia Botani Square on consumer purchasing decisions.

Design/Methodology/Approach-Data comes from distributing questionnaires to 116 respondents. In determining the sample, the technique used is purposive sampling which falls into the category of nonprobability sampling. The research method is quantitative with the research object is retail-mix as the independent variable and purchasing decisions as the dependent variable. The analytical method used in this study is multiple linear regression analysis.

Findings-The results obtained in this study are simultaneous Retail-Mix have a influence on purchasing decisions. However, the results of partial statistical testing of Location, Merchandise Management, Customer Service and Store Design & Display have a effect on Purchasing Decisions; Pricing and Communication Mix didn’t have a effect on Purchasing Decisions.


Keywords


Gramedia Botani Square; Purchasing Decisions; Retail-Mix.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Arifianti, R. & Raharja, S.J. 2018. Retail Mix Analysis From Consumer Perspective: Study on Three Minimarkets in Bandung City. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan. 3(2). 111-121. https://doi.org/10.24198/ adbispreneur.v3i2.

Ayuningtyas, D. 2019. Ekonomi RI Sedang Berat, Tengok Saja Kinerja Emiten Ritel. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20191107121158-17-113399/ekonomi-ri-sedang-berat-tengok-saja-kinerja-emiten-ritel/1

Baihaki. 2019. Kontribusi Industri Ritel terhadap PDB. Kontan.co.id. https://images.kontan.co.id/photo_terbaru/4658/Kontribusi+industri+ritel+terhadap+PDB.

Barry, B. dan Evans J.R. 2018. Retail Management: A Strategic Approach (13th Edition). New Jersey: Pearson Education Limited.

Ghozali, I. 2011. Structural Equation Modelling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square PLS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karwur, E. (2016). Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Paniki. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(3). Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13187.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Marketing Management (14th Ed). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., Armstrong G. & Marc O.O. 2018. Marketing An Introduction (17eth Ed). England: Pearson Education Limited.

Levy, M., Barton A.W. & Lauren S.B. 2012. Retailing Management (8th Edition). North America: McGraw-Hill Irwin.

Nurbiyanto, B., & Kumadji, S. (2013). Pengaruh Bauran Ritel (Retailing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Griya Batik MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 2(2). 1-10. Diakses dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/92.

Picodi. 2019. Pembelian Buku di Indonesia (dan di seluruh Dunia). picodi.com. https://www.picodi.com/id/mencari-penawaran/pembelian-buku-di-indonesia-dan-di-seluruh-dunia.

Sari, Y. N. (2013). Analisa Pengaruh Retail Mix (Customer Service, Location, Store Design & Display, Merchandise Assortment, Communication Mix, Dan Price) Terhadap Tingkat Kunjungan Di Toko Souvenir Ken N So Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. 1(2). 1-9. Diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/132375/analisa-pengaruh-retail-mix-customer-service-location-store-design-display-merch.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior (10th Ed). New Jersey: Prentice Hall.

Simamora, B. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soliha, E. 2008. Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 15(2): 128-142. https://media.neliti.com/media/publications/24251-ID-analisis-industri-ritel-di-indonesia.pdf.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.

Suliyanto. 2015. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran (Cetakan 1). Bogor: Ghalia Indonesia.

Utari. 2016. Penentuan Toko Buku Gramedia ter Favorit pilihan Mahasiswa di Bogor Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Ilmiah Komputer dan Matematika. 13(2): 94-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/mrbm.v20i2.8652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Riset Bisnis & Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.