PENGARUH PANDANGAN ISLAM, PELAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG X

Sisca Damayanti

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang  mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Variabel Indipenden yang digunakan adalah Keamanan, Pandangan Islam dan Pelayanan dan variabel dependen yang digunakan adalah Minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung di Bank Mandiri Syariah Cabang X.

Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang X. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analis dan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil penelitian menunjukan adanya hubunga positif antara Keamanan, Pandangan Islam dan Pelayanan terhadap Minat nasabah dalam menabung. Tetapi variabel Pandangan Islam memiliki hubungan positif dan tidak signifikan.

 

 

Kata Kunci : Keamanan, Pandangan Islam, Pelayanan dan Minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung


Keywords


Security; Islamic views; services and customer Intention.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 1735| PDF views : 0

References


Al-Quran dan Al-Hadist

Antasari, Arga Satria; Kertahadi dan Riyadi (2013), Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Antonio, Muhammad Syafi’i (2001), Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta : Gema Insani. Arifin, Johan (2009) Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, hlm.153.

Bari’ah; Bari’ah and Abidin, Zaenal and Nurtjahjanti, Harlina (2009), Hubungan Antara Kualitas Layanan Bank Dengan Minat Menabung Nasabah Pt Bri Kantor Cabang Ungaran, Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta; PT. Rineka Cipta Elysa, Najachah (2013), Minat Menabung di Bank Mega Syariah Cabang Semarang, Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

Febriasti, Roose Hamidah (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam (2008), Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, Semarang : Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph, F Rolph, E Ronald, Barry J. Babin and William, C Black (2010), Multivariate Data Analysis a Global Perspective. Prentice Hall: Pearson Education,Inc

Irawan, Hendi (2009), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Skripsi.

Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Djamarah, Syaiful Bahri (2008), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2008), Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta : PT. Indeks.

Kuncoro, Mudrajad (2002) Manajemen Perbankan: Teori dan Aplikasi, Suhardjono, BPFE Yogyakarta.

Lubis, Irsyad (2010), Bank Dan Lembaga Keuangan Lain, Medan: USU Press. Muhammad (20015), Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta : Ekonisia

Purba, Jan Horas V (2012), Tanggapan Nasabah atas Produk Perbankan Studi Kasus BRI Cabang Bogor, Dosen Akademi Manajemen dan STIE Kesatuan

Rivai, Veithal. 2007. Bank and Finacial Institution Management: Convensional and Sharia System. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sarjono, Haryadi dan Julianita, Winda. 2011. SPSS vs LISREL, Sebuah Pengantar, Aplikasi Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang X 33 Untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat

Shaleh, Abdul Rachman dan Muhbib Abdul Wahab (004), Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Prenada Media, hlm 263

Slameto (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono (2010), Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Cetakan IX, Bandung: Alfabeta, h. 207

Triandaru dan Budisantoso. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi Kedua. Yogyakarta: Salemba Empat.

Wati, Merry (2009), Analisis Perbandingan Minat Masyarakat Untuk Menabung Pada Bank Syariah dan Bank Konvensional (Studi Kasus PT. BRI Syariah dan PT. BRI cabang Pekanbaru), Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Pekanbaru.

Wiroso (2009), Produk Perbankan Syariah, Jakarta : LPFE Usakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Manajemen dan Pemasaran Jasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

Jurnal manajemen dan pemasaran jasa  Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.