ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL PADA POSTER NGAYOGJAZZ 2011-2014

Maria Giovanie Anggasta, Elda Franzia

Abstract


Abstract
The Visual Semiotic Analysis in 2011-2014 Ngayogjazz's Poster.
Ngayogjazz came with purpose to counter that opinion of jazz music was
luxury, elite, and deconstruct the mindset in public by organizing a jazz festival
that is not mainstream. In each implementation, Ngayogjazz always comes
with a tagline from Java proverb and it given Jazz flavor and also proverbs that is
used as aesthetic, intimate, and has become a habit of the Javanese in using
proverbs in daily life. Later Slang used because it could be interpreted as a play
subtly insinuating, and Slang for Javanesse, especially for people of Yogyakarta
it's not something new. Each poster shows that Ngayogjazz have different
concepts and unique every year. The message delivered to target audience in the
form of a sign and use denotative connotative as an element of visual semiotic.
From 2011 to 2014 Ngayogjaz's Poster have varieties of different visual
semiotics meanings annually and different tagline based on social, economic or
public life at that time.


Abstrak
Analisis Semiotika Visual pada Poster Ngayogjazz 2011-2014.
Ngayogjazz hadir bertujuan untuk melawan pendapat musik jazz yang
mewah, elite dan mendekonstruksi pemikiran masyarakat dengan
menyelenggarakan sebuah festival Jazz yang berbeda. Pada setiap
penyelenggaraannya, poster Ngayogjazz selalu hadir dengan tagline
dari plesetan peribahasa Jawa yang diberi cita rasa Jazz, karena
peribahasa merupakan estetika yang enak, akrab, dan sudah menjadi
kebiasaan orang Jawa dalam menggunakan peribahasa dalam
kehidupan sehari-hari. Pengertian plesetan itu sendiri adalah
menyindir secara halus, dan plesetan bagi masyarakat Jawa khususnya
Yogyakarta bukan sesuatu yang baru. Setiap poster acara Ngayogjazz
memiliki konsep yang berbeda dan unik tiap tahunnya. Pesan yang
disampaikan kepada khalayak sasaran dalam bentuk tanda dan
menggunakan makna denotatif dan konotatif sebagai unsur semiotika
visualnya. Poster Ngayogjazz dari tahun 2011 hingga 2014 memiliki
berbagai makna semiotika visual yang berbeda setiap tahunnya serta mempunyai tagline yang berbeda berdasarkan kondisi sosial, ekonomi
atau kehidupan pada masyarakat saat itu

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 457| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/dim.v12i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Jurnal Dimensi Seni Rupa dan DesainĀ Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

p-ISSN : 2527-5666
e-ISSN : 2549-7782