KAJIAN TEORI EMOTIONAL DESIGN

Devanny Gumulya, Prisca Nastasia

Abstract


Abstract


Technological changes transform product design rapidly. This made products
become cheaper and produced in mass quantity. Very often we found product
designed with similar style offered in the same price. On The other hand,
functionality is more and more taken for granted in products, and users are
looking for fulfillment at an altogether different level of appreciation. Emotional
design is design that concerned with consumer's emotional response.
Emotional response becomes a unique point that make a difference from other
product within the same cata gory. This paper tries to provide the general
overview about emotional design covering from historical point of view,
expert's theories and research method. From the study can be concluded that
aesthetic and consumer's factor are very essential in emotional design.

 

Abstrak
Kemajuan teknologi yang ada saat ini membuat produk menjadi lebih
murah dan massal, dengan keberagaman variasi yang hampir serupa.
Hal inilah yang membuat orang akhirnya bosan terhadap produk yang
itu-itu saja dan akhirnya, konsumen mengalami perubahan sikap dan
persepsi pada produk, yaitu mereka mencari produk yang memiliki
nilai emosi yang mengena kepada mereka. Pendekatan emotional design
adalah desain dengan memperhatikan respon emosional konsumen
pada perancangan produk, faktor emosi dijadikan nilai tambah yang
menjadi pembeda antara produk-produk yang memiliki fungsi sama.
Paper ini mencoba memamparkan perkembangan teori emotional design
mulai dari sejarah, teori-teori dari beberapa pakar emotional design, alat
dan metode penelitiannya. Kesimpulan yang didapat dari studi ini
adalah bahwa faktor estetika dan faktor orang sangat berpengaruh
dalam menghasilkan desain yang dapat berbicara secara emosional
kepada penggunanya.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 178| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/dim.v12i2.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

p-ISSN : 2527-5666
e-ISSN : 2549-7782