STRATEGI ILUSTRASI SEBAGAI BAHASA VISUAL PADA KEMASAN BEDAK LAWAS: TINJAUAN SEMIOTIKA

Novena Ulita, Agus Budi Setyawan

Abstract


Abstract


Ilustration Strategic as Visual Language on Product Powder Legacy Packaging: Semiotic Review. In development now widely seen simpler packaging design is different than in previous eras when through the visual language can be a media information
of the products presented. For the visual language became important identified and analyzed in figuring out the elements and role informing the described products in order
to get closer to the consumer. The change this time attract researchers to identify forms of visual language of beauty that were presented to every packaging production powder
Indonesia. This study identified several design packaging powders legacy. In addition, this study will analyze and describe a wide variety of illustration in describing the target
users of these products in packaging design and then linked to the image of the product. But in this study using a s ample of the product powder legacy products produced in
Indonesia and is still in circulation in the market today. This is because the view of consumer perceptions of the product is firmly attached until now and still high interest
in buying the product powder legacy.
 


Abstrak


Strategi Ilustrasi Sebagai Bahasa Visual pada Kemasan Bedak Lawas: Tinjauan Semiotika. Dalam perkembangannya saat ini banyak dilihat desain kemasan yang lebih sederhana berbeda dari era-era sebelumnya. Padahal melalui bahasa visual tersebut dapat menjadi media informasi dari produk yang dihadirkan. Untuk itu bahasa visual menjadi penting diidentifikasi dan dianalisis untuk mencari tahu unsur dan peranannya dalam menginformasikan produk yang digambarkan tersebut agar dapat semakin dekat dengan konsumen. Adanya perubahan waktu tersebut menarik peneliti untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bahasa visual kecantikan yang dihadirkan pada setiap kemasan bedak produksi Indonesia. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa desain kemasan bedakbedak lawas. Pada penelitian ini akan menganalisis serta mendeskripsikan berbagai variasi ilustrasi untuk menggambarkan target pengguna produk tersebut pada desain
kemasan dan kemudian dikaitkan dengan citra produk tersebut. Namun dalam penelitian ini menggunakan sampel produk yakni produk bedak lawas yang diproduksi di Indonesia dan masih beredar sampai saat ini di pasaran. Hal tersebut karena melihat
dari persepsi konsumen terhadap produk tersebut yang melekat erat sampai sekarang dan masih tingginya minat membeli produk bedak lawas tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

p-ISSN : 2502-7425

e-ISSN : 2549-7766