PENGHASILAN PER KAPITA  DAN FAKTOR PENENTU PEMILIHAN PRODUK BERBASIS BUDAYA

Ratih  Setyaningrum, Alva  Edi Tontowi

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi, produk berorientasi budaya mulai melakuka inovasi baru dengan memasukkan komponen teknologi di dalam pengembangan produknya. Pangsa pasar produk berorientasi budaya tersebar di negara maju dan  negara berkembang. Untuk  produk berorientasi budaya yang  memiliki  kecangihan teknologi tinggi sangat potensial dipasarkan di negara maju. Namun lain halnya dengan negara berkembang, sehingga perlu strategi pemilihan produk berorientasi budaya yang  akan masuk ke pasar negara berkembang. Tingkat GDP sebuah negara dan kebijakan pemerintah suatu  negara akan sangat berperan penting dalam  pengembangan produk dan pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Permasalahan yang muncul antara lain potensi pasar produk berorientasi budaya lebih dominan di negara maju ataukah negara berkembang. Produk beroientasi budaya yang high technology bisakah masuk ke segmen pasar negara yang memiliki GDP per capita menengah dan rendah (negara berkembang). Pengolahan data sekunder dari berbagai sumber referensi digunakan untuk menjawab problem tersebut. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa negara republik yang memiliki GNI per capita terbesar adalah Singapore dengan selisih yang cukup jauh dengan peringkat kedua yaitu Arab. Posisi selanjutnya yaitu China, Timor leste, Indonesia, Irak, India, Pakistan dan Bangladesh.Negara dengan GNI per capita rendah cenderung memiliki jumlah provider telekomunikasi tinggi, berarti pada negara tersebut harga sangat berpengaruh dalam memutuskan pembelian sebuah produk. Produk yang bernilai budaya banyak juga yang memiliki tingkat teknologi yang tinggi, sehingga akan potensial dipasarkan di negara maju ataupun berkembang. GDP per capita dan kebijakan suatu negara akan dipertimbangan untuk penentuan segmen pasar sebuah produk, hal tersebut berkaitan dengan kemampuan daya beli masyarakat sehingga akan mempengaruhi keputusan pembelian sebuah produk

Kata Kunci : Produk, Budaya,Teknologi, GDP, Kebijakan Pemerintah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi

 

 

E-ISSN: 2442 - 9686 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.