KECERDASAN SPASIAL SEBAGAI PENUNJANG PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA DESAIN GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN NIRMANA

Annisa Bela Pertiwi

Abstract


Abstract
Nirmana plays an important role on how to organize and prepare the basic
elements of a design. By studying Nirmana, students are expected to have an
understanding, skills, and sensitivity regarding the governance of design
elements in forming a harmonious and balanced composition. Sensitivity to
governance of design elements is closely related to spatial intelligence, the
ability to visualize ideas with regard to space and place. Spatial intelligence is an
intelligence possessed by most graphic design student. Spatial intelligence need
to be sharpened by the students so that they can understand the meaning and
essence of Nirmana (Visual Literacy) subject, so the learning objectives can be
achieved. To sharpen students' spatial intelligence, the spatial intelligence
teaching strategy is needed. This paper describes the spatial intelligence
teaching strategy which can be applied to Nirmana (Visual Literacy) subject.
The study in this paper uses a qualitative approach, aimed to explore the role of
spatial intelligence teaching strategy to the process of development of creativity
of students in learning the Nirmana (Visual Literacy). The analysis process is
done through the collection of data that is measurable.

 

Abstrak
Nirmana memegang peranan penting tentang bagaimana menata dan menyusun elemen dasar sebuah desain. Dengan mempelajari nirmana,mahasiswa diharapkan dapat memiliki pemahaman, keterampilan, dan
kepekaan mengenai tatakelola unsur-unsur desain dalam membentuk komposisi yang serasi dan seimbang. Kepekaan terhadap tatakelola unsur-unsur desain tersebut berkaitan erat dengan kecerdasan spasial, yaitu kemampuan memvisualisasi ide-ide yang berkenaan dengan ruang dan tempat. Kecerdasan spasial merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh sebagian besar mahasiswa desain grafis. Kecerdasan spasial perlu diasah oleh mahasiswa agar mereka dapat memahami
makna dan esensi mata kuliah nirmana, sehingga tujuan pembelajaran nirmana dapat tercapai dengan baik. Untuk mengasah kecerdasanspasial mahasiswa dibutuhkan strategi pengajaran kecerdasan spasial.
Tulisan ini menjelasakan tentang strategi-strategi pengajaran
kecerdasan spasial yang dapat diterapkan pada mata kuliah nirmana.
Studi dalam tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, bertujuan
untuk mengeksplorasi peran strategi pengajaran kecerdasan spasial
terhadap proses pengembangan kreativitas mahasiswa dalam
pembelajaran nirmana. Proses analisis dilakukan melalui pengumpulan
data yang bersifat terukur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.